Blog www.monzaemon.com sedang dialihkan ke monzaemon69.blogspot.com untuk sementara :')

lagi ngebahas ini

Super Junior cinta Budaya Indonesia

Eun Hyuk (personel Super Junior) saat memakai Batik
©MonZaeMon™ 69 -Euforia Kpop tidak luput dari perhatian masyarakat Indonesia. Hampir semua anak remaja mengagumi ketampanan dan kecantikan aktor, aktris, penyanyi dan band-band Korea. Semua konser para selebritis Korea yang diadakan di Indonesia selalu padat oleh penggemar Indonesia. Mengapa saya membahas Kpop kali ini??

Karena pembicaraan terhangat saat ini yaitu mengenai Konser Super Junior Super Show 4 yang diadakan di MEIS, Ancol tanggal 27-29 April kemarin. Ada sesuatu yang sangat menarik perhatian saya sewaktu menyaksikan konser ini, yaitu anggota personel Super Junior yang menghargai budaya-budaya Indonesia dan merasa kagum serta bangga dengan budaya kita.



Ketua dari boyband Super Junior yaitu Lee Teuk dan anggota lainnya, Siwon memakai BLANGKON, topi khas Jawa. Saat Elf (sebutan penggemar Super Junior) memberikan BLANGKON kepada Siwon, ia langsung menerima dan memakainya. Setelah melihat Siwon memakai BLANGKON Lee Teuk pun tertarik dan mengambil BLANGKON lain dari salah satu fans dan langsung memakainya juga.

BLANGKON itu sebenarnya merupakan ikat kepala yang terbuat dari kain berukuran 105 x 105 cm dan di buat sedemikian rupa untuk menjadi tutup kepala. Ada sejarah yang mengatakan bahwa BLANGKON merupakan budaya yang dibawa oleh orang Islam dan Hindu ke Jawa. Dahulu banyak pedagang Gujarat yang merupakan keturunan Arab berkunjung ke Jawa dan memakai sorban atau ikat kepala. Menurut para ahli hal inilah yang mendasari orang Jawa meniru gaya memakai ikat kepala dengan BLANGKON.

Pada jaman dahulu BLANGKON dibuat oleh para ahli dengan aturan yang baku. Semakin memenuhi aturan yang ditetapkan harga BLANGKON tersebutakan semakin mahal. BLANGKON juga memiliki nomor yang menjadi ukuran yaitu antara nomor 48-59. Selain itu BLANGKON juga memiliki beberapa model yaitu model BLANGKON yang menggunakan mondholan yaitu tonjolan pada belakang BLANGKON yang sering disebut pula BLANGKON gaya Yogyakarta. Ada pula BLANGKON gaya Surakarta yang disebut BLANGKON trepes.

Suku lain di Indonesia yang juga menggunakan BLANGKON yaitu suku Sunda (sebagian besar berasal dari provinsi Jawa Barat dan Banten), suku Madura, suku Bali, dan lain-lain. Hanya saja dengan pakem dan bentuk ikat yang berbeda-beda.

Tidak hanya itu, saat membawakan lagu lain ada satu anggota Super Junior yang bernama Eun Hyuk memakai BATIK. Kalau tadi Siwon dan Lee Teuk memakai BLANGKON pemberian fans mereka, kali ini Eun Hyuk memakai BATIK yang memang merupakan wardrobe untuk penampilan nya.

Kalau warga negara lain saja bangga dengan budaya Indonesia, apa yang seharusnya kita lakukan terhadap budaya kita sendiri?? :D 

sumber :

No comments:

Post a Comment