Blog www.monzaemon.com sedang dialihkan ke monzaemon69.blogspot.com untuk sementara :')

lagi ngebahas ini

Resiko Bermain Google AdSense Untuk Blog Bahasa Indonesia

mzm69 -Setiap pekerjaan pasti ada resikonya termasuk bermain Google AdSense juga pasti ada resikonya. Khusus untuk para publisher Indonesia yang memasang kode Adsense untuk blog berbahasa Indonesia. Walaupun Google AdSense kini sudah support bahasa Indonesia dan kita sah-sah saja memasang kode AdSense di blog bahasa Indonesia kita, akan tetapi tetap saja kita tidak tahu sampai kapan kita bisa mempertahankan akun Google AdSense kita. Tetap saja kita tidak bisa memperkirakan ke depannya apakah akun kita akan dibanned atau tidak. Walau kita sudah bermain aman dan berusaha untuk tidak melakukan pelanggaran tapi si Mbah Google ini kadang tidak bisa ditebak apa maunya.


Untuk para Blogger Indonesia yang sudah memasang iklan Google di blog bahasa Indonesia nya seperti di blog ini, sebelumnya anda harus tahu kalau memasang iklan Google di blog bahasa Indonesia ini ada resikonya. Tapi semua resiko itu bisa kita minimalisir dengan bermain aman dan wajar saja. Apa saja itu resikonya?


1. Provider Indonesia kebanyakan menggunakan dynamic IP untuk para pelanggannya walau ada sebagian yang menggunakan static IP. Seperti provider Smartfren yang saya gunakan ini menggunkan Dynamic IP. Dynamic IP artinya apa? Yaitu IP kita akan selalu berubah-ubah setelah kita menghubungkan dan memutuskan sambungan internet. Coba saja anda hubungkan internet kemudian cek berapa IP anda kemudian putuskan hubungan internet dan sambungkan lagi, kemudian cek IP anda pasti akan berubah.
Dengan berubahnya IP ini akan rawan sekali kena banned. Misal suatu ketika anda menggunkan IP 114.79.29.35 dan anda login ke dashboard Google AdSense anda, alamat IP anda sudah terekam oleh Google. Karena IP ini selalu berubah suatu saat nanti IP 114.79.29.35 akan digunkan oleh orang lain sesama provider yang anda gunakan. Jika saja orang lain itu mengunjungi situs anda dan meng-klik iklan Google pada situs anda maka hal ini akan ditandai oleh Google sebagai klik iklan sendiri. Memang yang seperti ini kemungkinan sangat kecil tapi bisa saja terjadi.

2. Bagi Blogger yang masih mengandalkan Warnet untuk mengurus blog nya. Anda harus berhati-hati, jangan sampai anda login ke Dashboard AdSense. Alamat IP satu warnet itu sama semua. Siapa tahu ada pengguna warnet yang lain sedang mengunjungi situs anda dan dia meng-klik iklan Google di blog anda, nah ini akan ditandai lagi oleh Google sebagai klik iklan sendiri. Sekali lagi memang ini kemungkinan yang sangat kecil.

3. Anda jangan bernafsu untuk mendapatkan banyak klik dengan menghalalkan segala cara. Ingat Google lebih pintar loh, sayang kalau akun GA anda sampai dibanned gara-gara cara curang anda. Saya pernah melihat hasil CTR suatu blog, yaitu dari page impression yang cuma 78 telah mendapat klik sebanyak 11 kali. Ini sangat-sangat mustahil loh menurut saya, beruntung banget dia dapat klik sebanyak itu. Ingat lagi ya, CTR lebih dari 10% akan ditandai oleh Google. Ya bukannya saya suudzon sih. Sekedar mengingatkan agar anda jangan bermain curang. Yang bermain jujur saja bisa kena banned apalagi yang bermain curang ya kan?

4. Yang keempat ini bukan resiko rawan banned, tapi resiko yang mengarah ke penghasilan. Anda tahu kan penghasilan per klik AdSense untuk blog berbahasa Indonesia yang target visitornya pasti dari negara Indonesia bisa dibilang kecil. Beda jika blog anda berbahasa Inggris yang target visitornya adalah orang Amerika atau Eropa. Pasti harga per klik nya lebih besar.
Jadi saran saya untuk para publisher Indonesia, di samping anda memasang iklan Google pada blog berbahasa Indonesia, anda harusnya juga punya blog berbahasa Inggris yang target visitornya adalah orang luar. Ini cuma untuk menambah penghasilan GA anda. Sayang banget jika punya akun Google AdSense hanya untuk dipasang di blog bahasa Indonesia, apalagi jika hanya satu blog. Bisa sampai jenggotan nunggu PO. Ya kalaupun tidak bisa, anda bisa membuat blog lebih dari satu untuk dipasangi Google AdSense.
Mungkin cuma 4 itu yang saya tahu. Segala sesuatu pasti ada resikonya. Memang banned akun GA ini tidak bisa diperkirakan. Seperti kata saya di atas, yang bermain jujur saja bisa kena banned. Saya pun juga demikian, jika suatu hari nanti akun GA saya kena banned ya mau bagaimana lagi. Saya sendiri yang menjelaskan resiko bermain Google AdSense untuk Blog Bahasa Indonesia, tapi saya sendiri malah melakukannya.

Yang sudah master Google AdSense mohon pencerahannya apabila ada kata-kata yang salah yang dikeluarkan oleh seorang newbie seperti saya ini.

No comments:

Post a Comment