Blog www.monzaemon.com sedang dialihkan ke monzaemon69.blogspot.com untuk sementara :')

lagi ngebahas ini

'The Expendables 2': Keras, Ramai dan...Nikmati Saja!

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ  
mzm69 - Dengan film pertamanya yang berhasil meraih 274 juta dollar AS di seluruh dunia, tentu saja sekuel film action yang mengajak semua pemain action kelas berat ini perlu segera dibuat dan dirilis. Para penggemar film yang memacu adrenalin tinggi pasti menanti-nantikan film yang memajang Stallone, Willis, Schwarzenegger, Statham, Jet Li bahkan Chuck Norris dalam satu film. Dan, mereka pasti tidak akan menyesal menontonnya.

Film ini langsung tancap gas dengan adegan penyerbuan adu otot dan senjata api tingkat tinggi. Barney (Stallone) bersama timnya sedang berusaha melakukan misi penyelamatan seorang biliuner Cina yang sedang disekap di sebuah daerah terpencil. Misi penyelamatan itu tentu saja melibatkan ratusan tentara yang akhirnya tewas, dan mempertemukan Barney dengan Trench (Scharzenegger) yang akan berguna di masa yang akan datang.

Sampai akhirnya setelah mereka beristirahat, Barney mendapatkan kunjungan tak terduga dari Mr. Church (Willis) yang mengharapkannya untuk mendapatkan sebuah brankas dari sebuah pesawat yang terjatuh. Seperti layaknya film action yang baik, tentu saja Barney menolak pada awalnya. Sampai akhirnya Mr. Church mengingatkannya tentang utang, yang membuat Barney tak bisa mengelak.

Bersama timnya dan tambahan seorang pegawai titipan Mr. Church, yakni Maggie (Yu Nan) mereka bergembira melakukan misi yang sepertinya mudah itu. Sampai akhirnya mereka bertemu dengan penjahat bernama Vilain (Van Damme) yang super sadis dan tak punya belas kasihan. Saat itulah Barney, Maggie, Lee Christmas (Statham), Gunner Jensen (Lundgren), Toll Road (Couture) dan Hale Caesar (Crews) melangkah bersama untuk mencegah Vilain menyalahgunakan brankas itu dan tentu saja... membalas dendam.

Penonton film ini, seperti juga penonton film sebelumnya, tentu mengharapkan sebuah film action yang penuh dengan tendangan maut dan adegan-adegan aksi yang spektakuler. Anda akan mendapatkannya. Tapi, untuk urusan cerita? 'The Raid' yang digarap oleh Gareth Evans jauh lebih berkualitas ke mana-mana jika dibandingkan dengan film ini. Banyak dialog yang klise dan aksi yang klise pula sepanjang film yang sebenarnya akan lebih membuat filmnya menarik jika semua itu dihilangkan.

Justru, yang tidak disangka-sangka dari 'The Expendables 2' adalah humornya. Richard Wenk dan Sylvester Stallone yang menulis skripnya memberikan banyak catch-phrase yang kocak sepanjang film, dan tentu saja kelakuan aneh para karakternya terutama Gunner Jensen yang diperankan oleh Lundgren.

Selain itu, seakan mencoba menarik perhatian penonton wanita, film ini memasang wajah baru sebagai pemanis. Yang pertama adalah Billy (Liam Hemsworth), mantan tentara Afghanistan. Di antara wajah pemain action yang serius dan belel (kecuali Statham), Hemsworth jelas menjadi pemanis yang ampuh agar para perempuan tetap betah menemani pacar atau teman mereka menonton film ini.

Untuk penampilan action yang prima, Anda tak perlu ragu dengan semua penampilan aktornya. Bahkan yang lumayan baru seperti Hemsworth sekalipun. Mulai Stallone sampai Chuck Norris yang sepertinya hanya tampil kurang dari 10 menit, semuanya mencoba memberikan penampilan paling macho yang bisa mereka tampilkan untuk tetap terlihat meyakinkan membunuhi para teroris dalam misi penyelamatan dunia.

'The Expendables 2' memang film action yang khas. Lengkap dengan jargon-jargon yang tidak kita mengerti, hubungan persahabatan yang kental dan semua hal yang berlebihan. Sangat cheesy memang, namun itulah justru daya tarik utama film ini. Anda diajak untuk melupakan masalah Anda sejenak, dan benar-benar terhibur dengan aksi para pemainnya. Lagipula, kapan lagi kita bisa melihat barisan pemain action kelas wahid bahu-membahu demi membinasakan Van Damme?

Candra Aditya penulis, pecinta film. Kini tengah menyelesaikan studinya di Jurusan Film, Binus International, Jakarta.

(mmu/mmu)

No comments:

Post a Comment