Blog www.monzaemon.com sedang dialihkan ke monzaemon69.blogspot.com untuk sementara :')

lagi ngebahas ini

Indonesia Jadi Pintu Gerbang Asia Tenggara

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ  
mzm69 - KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Selandia Baru Murray McCully mengatakan, di Jakarta, Rabu (10/10/2012), hubungan dengan Indonesia termasuk dalam prioritas tinggi bagi pemerintahnya karena Indonesia penting dari sudut pandang bilateral ataupun regional.

Sekarang ini Selandia Baru memusatkan perhatian dengan sangat kuat pada hubungan perdagangan dan ekonomi di kawasan ini. Selain menjanjikan peluang ekonomi yang berlimpah, Indonesia juga mitra penting dalam menangani isu-isu regional mengingat Indonesia merupakan pemain penting di ASEAN.

McCully berada di Indonesia untuk Sidang Komisi Bersama (SKB) ke-5 antara Indonesia dan Selandia Baru yang diadakan di Jakarta, Selasa lalu, bersama Menlu RI Marty Natalegawa.

SKB ke-5 itu membahas tindak lanjut isu-isu yang disepakati kedua negara saat kunjungan Perdana Menteri Selandia Baru John Key ke Jakarta, April lalu.

Mengingat posisi Indonesia itu, kata McCully, Selandia Baru menganggap Indonesia sebagai pintu gerbang kawasan Asia Tenggara. Hal itu sejalan dengan kebijakan Selandia Baru yang sangat fokus pada hubungan perdagangan dan ekonomi di kawasan ini.

Sebaliknya, katanya, Selandia Baru menjadi pintu gerbang bagi Indonesia untuk mengakses 14 negara pulau di kawasan Pasifik.

Banyak ruang

Hasil pembicaraan dalam SKB ke-5 itu memperlihatkan bahwa hubungan kedua negara makin kokoh dengan terus meningkatnya kerja sama di sejumlah bidang. Namun, kedua pihak memandang masih banyak ruang untuk meningkatkan dan mengembangkan hubungan bilateral tersebut.

Beberapa tindak lanjut perjanjian yang telah ditandatangani kedua negara, antara lain, kerja sama dalam bidang pertanian. Menurut McCully, pertanian merupakan bidang tempat kepentingan bisnis ataupun program pembangunan Selandia Baru mempunyai banyak hal untuk ditawarkan.

Menurut dia, hubungan pendidikan dan pertukaran pariwisata juga menjadi dua hal yang sangat mendapat perhatian dari pemerintahnya untuk ditingkatkan.

Persentase pelajar atau mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Selandia Baru disadari masih sangat rendah, sedangkan peluang dan kemampuan yang dimiliki Selandia Baru begitu besar.

Di bidang transportasi udara, Air New Zealand telah melayani penerbangan langsung Auckland-Denpasar sejak Juni 2012. Garuda Indonesia menurut rencana akan memulai layanan Jakarta-Auckland mulai tahun depan. ”Ini akan membantu meningkatkan hubungan ekonomi serta pertukaran pariwisata dua arah,” kata McCully, yang akan hadir dalam peringatan 10 Tahun Bom Bali, Jumat besok. (DI)
 
Sumber :
Kompas Cetak
Editor :
Kistyarini

No comments:

Post a Comment