Blog www.monzaemon.com sedang dialihkan ke monzaemon69.blogspot.com untuk sementara :')

lagi ngebahas ini

Selain Jakarta, Goyangan Gempa Tasik Juga Dirasakan di Yogya

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ  
Selain Jakarta, Goyangan Gempa Tasik Juga Dirasakan di Yogya
MonZaeMon.com - Gempa berkekuatan 6,5 skala Richter terjadi di laut selatan Pulau Jawa. Selain dirasakan hingga ke Jakarta, goyangan gempa juga dirasakan hingga ke Cilacap, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

"Gempa juga dirasakan hingga di Cilacap dan Yogyakarta," kata Kepala Seksi Informasi Gempa BMKG Suharjono saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (14/6/2013).

Namu, Suharjono menambahkan, gempa itu diperkirakan tidak menimbulkan kerusakan. Sebab, pusat gempa terjadi jauh di sebelah selatan Pulau Jawa. "Jaraknya dari daratan kan 300 meter lebih, jadi kemungkinan merusaknya sangat kecil," kata dia.

"Memang banyak yang merasakan guncangan gempa ini, tapi keruakannya saya kira sangat kecil. Warga hanya merasa bergoyang saja," tambah Suharjono.

Sementara warga Yogyakarta Johan mengaku merasakan goyangan gempa yang cukup lama. "Saya merasakan goyakan agak lama sekitar setengah menit," kata dia.

Namun, Johan mengaku goyangan itu hanya pelan saja. Sehingga, warga yang tinggal di kawasan Jalan Parangtritis tidak panik. "Karena dulu sudah pernah terjadi gempa, jadi kami tidak panik," ujar Johan.

Berdasarkan data dari badan meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, gempa terjadi pada pukul 23.47 WIB, Kamis (13/6/2013). Pusat gempa terletak pada 10.35 Lintang Sletan dan 107.04 Bujur Timur.

Pusat gempa pada 336 kilometer sebelah barat daya Kabupaten tasikmalaya, Jawa Barat, pada kedalaman 57 kilometer. Namun, BMKG mencatat gempa ini tidak berpotensi tsunami. (Eks) . .

No comments:

Post a Comment