Blog www.monzaemon.com sedang dialihkan ke monzaemon69.blogspot.com untuk sementara :')

lagi ngebahas ini

Apa Hubungan Antara Mc Donald’s dan BBM?

©MonZaeMon™ 69 - Jika ditanya, apa hubungan antara Mc Donals’s dan BBM? Pasti secara serempak kita akan menjawab, “gak ada”. Ya..pasti memang tidak ada. Gak mungkin kan kalau makanan di restoran cepat saji ini digoreng dengan menggunakan bensin, atau bumbunya dicampur dengan bensin? Tapi, hari ini, Mc Donald’s jadi punya hubungan sama BBM. Buktinya, saat demontrasi kemarin, para demonstran yang notabene menuntut ditariknya rencana kenaikkan harga BBM, menjarah dan merusak salah satu gerai Mc Donald’s di suatu kota.
Aneh? Ya..pasti aneh. Sangat tidak mungkin Mc Donald’s menjadi inisiator dari kenaikan harga BBM sehingga perlu dijaraha. Namun, saat kita mengamati beberapa pemberiataan yang muncul, maka rasa penasaran kita pun segera terjawab. Para demonstran kehausan. Besar kemungkinan saat itu kebutuhan
logistik sangat kurang sehingga masih banyak demonstran yang kehausan atau mungkin juga kelaparan. Nah..sangat tidak lucu bukan jika demonstran yang berjumlah puluhan itu berdiri membentuk antrian untuk membeli makanan. Maka, satu-satu jalan yang paling memungkinkan adalah..membuat rusuh restoran sehingga mereka bisa dapat makan minum gratis tanpa perlu antri.
Demo pun butuh kesadaran
Ya..inilah salah satu syarat menjalani kehidupan ini, hidup dengan sadar. Dalam artian, kita menyadari dengan sesadar-sadarnya apa yang kita lakukan bukan sekedar memperturuti nafsu yang sering menyeret kita melakukan tindakan-tindakan membabi-buta. Belum lagi, jika tindakan yang kita lakukan itu hanya karena ikut-ikutan, mengikuti satu atau dua suara yang tidak jelas asalnya dari mana.
Nah..apakah bisa dikatakan bahwa mahasiswa yang kemarina melakukan pengrusakan di Mc Donald’s atau tempat lain itu tidak sadar? Barangkali iya. Mereka sedang memiliki semangat yang mengebu, dan emosi yang memuncak, sehingga sangat mudah sekali untuk dibakar. Dan ketika kebakaran emosi ini sudah mencapai puncaknya, maka apapun yang ada dihadapan mereka terlihat sebagai musuh yang harus pula diperangi, meski mungkin tidak memiliki hubungan secara langsung dengan apa yang sedang mereka tuntut.
Andai saja mereka sadar, besar kemungkinan mereka tidak akan melakukan itu. Mereka pastinya akan sangat menyesal saat tahu bahwa restoran cepat saji yang mereka rusak adalah salah satu tempat dating mereka. Atau, malah salah satu sponsor mereka saat melakukan kegiatan kemahasiswaan.
Dan, harapan kita, semoga saja demonstrasi yang katanya masih akan terus berlangsung ini dilakukan secara sadar. Sadar bahwa pengrusakan hanya akan menyusahkan masyarakat lain yang sedang mereka bela. Sadar bahwa apa yang mereka rusak, bakar, lempari, atau jarah adalah apa yang sangat mereka butuhkan saat mereka sedang hidup normal (tidak melakukan demonstrasi). Dan sadar bahwa demonstrasi yang menyuarakan keadilan dan nasib rakyat adalah agung dan mulia sehingga perlu dilakukan dengan cara yang agung dan mulia pula.

No comments:

Post a Comment