Blog www.monzaemon.com sedang dialihkan ke monzaemon69.blogspot.com untuk sementara :')

lagi ngebahas ini

Korban "Tomcat" Sembuh dengan Salep

©MonZaeMon™ 69 - KOMPAS.com – Cynthia (48), warga Kelurahan Ciater yang diduga terkena serangan serangga tomcat, hanya mengatasinya dengan mengoleskan salep. “Saya cuma cari di internet obatnya apa kalau terserang tomcat. Dapat dari internet, saya beli di apotek,” kata Cynthia di rumahnya, Kamis (22/3/2012).
Cynthia mengaku, awalnya ia tidak tahu bahwa dirinya terserang serangga tomcat (Paederus fuscipes) pada Senin (19/3/2012). Akibatnya, kulit di tangannya terasa gatal dan memerah. Keesokan harinya, Cynthia menemukan serangga tersebut hinggap di gelas. “Waktu itu saya lagi mau minum, tapi kok ada binatang. Pas diperhatikan ternyata bentuknya persis seperti yang diberitakan,” katanya.

Dari sekitar tiga bintik merah di tangannya, satu di antaranya seperti melepuh dan mengeluarkan nanah. Bintik tersebut menggembung dan pecah sehingga menimbulkan rasa perih.
Ibu satu anak tersebut kemudian terus mengolesi lukanya dengan salep Hydrocortisone seperti informasi yang ditemukannya di internet. Cynthia mengatakan, dalam sehari ia mengolesi tangannya dengan salep tersebut sebanyak tiga kali atau lebih. Sebelum diolesi salep, rasa gatal dan bekas kemerahan terus melebar. Saat ini Cynthia sudah tidak merasakan gatal, tetapi masih ada bekas bintik di tangannya.
Kini ia menyimpan serangga tomcat yang ditemukannya sebagai bukti. Serangga tersebut sebesar semut merah, tubuhnya berwarna garis hitam dan oranye.
Rumah Cynthia berada tepat di depan areal sawah milik warga. Sejauh ini tomcat diberitakan suka berada di tempat lembap dan salah satu habitatnya adalah sawah. Hingga saat ini pun dirinya belum kembali menemukan serangga tomcat di rumahnya.

No comments:

Post a Comment