Blog www.monzaemon.com sedang dialihkan ke monzaemon69.blogspot.com untuk sementara :')

lagi ngebahas ini

Mahasiswa Yogya Gelar Demo Tolak Kenaikan BBM

©MonZaeMon™ 69 - Yogyakarta, Aksi menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) kembali digelar di Yogyakarta. Puluhan orang dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Yogyakarta menggelar aksi menolak rencana pemerintah menaikkan harga BBM yang akan diberlakukan 1 April mendatang.

Aksi hari ini digelar di simpang tiga kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, di Jalan Laksda Adisutjipto, Yogyakata, Jumat (16/3/2012). Dalam aksi itu, massa langsung menggelar orasi di tengah persimpangan jalan sehingga sempat membuat arus lalu lintas tersendat.

Selain membawa bendera lambang organisasi PMII, massa juga membawa berbagai poster. Beberapa poster diantaranya bertuliskan 'BBM Naik Rakyat menjerit, BBM = Benar-Benar Membunuh, Tolak Investor Asing'. Selama lebih kurang 1 jam menggelar aksi, massa meneriakkan yel-yel menolak kenaikan harga BBM.

Koordinator aksi, Nurul kepada wartawan mengatakan, sebelum harga BBM dinaikkan, saat ini beberapa harga sembako yang naik pelan-pelan. Akibatnya yang menjadi korban adalah rakyat miskin.

"Pemberian bantuan hanya sesaat saja," katanya.


Menurut dia, kenaikan harga BBM seperti bensin seharga Rp 6 ribu per liter sangat tidak rasional, karena tetap membuat rakyat sengsara. Pemerintah harus merevisi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2011 tentang Migas yang bertentangan dengan UUD 1945.

"Subsidi BBM hanya dinikmati masyarakat kelas atas, bukan rakyat miskin," tegas Nurul.

Menurut Nurul, pemerintah lebih baik mengenakan pajak tambahan atas keuntungan perusahaan-perusahaan minyak asing, dan memangkas biaya non operasional. Pajak tambahan juga bisa diterapkan pada kendaraan roda empat pribadi yang memakai BBM bersubsidi.

"Kalaupun akan terjadi pengalihan BBM ke gas, pemerintah juga harus menyiapkan semua infrastruktur dalam waktu yang panjang dan terencana dengan baik," kata Nurul.

Meski aksi berjalan tertib, selama aksi berlangsung puluhan aparat Polda DIY berjaga-jaga di sekitar lokasi. Beberapa petugas polisi lalu lintas juga berjaga agar lalu lintas tidak macet. Bersamaan dengan aksi massa PMII, beberapa organisasi mahasiswa lainnya juga menggelar aksi serupa di lokasi lain.

(bgs/nvc)

No comments:

Post a Comment