Blog www.monzaemon.com sedang dialihkan ke monzaemon69.blogspot.com untuk sementara :')

lagi ngebahas ini

Polisi Tak Mau Gegabah Tangkap Mahasiswa yang Sembunyi di Kampus

©MonZaeMon™ 69 - Jakarta Kapolrestas Samarinda, Kombes (Pol) Arief Prapto Santoso mengaku tak akan gegabah menangkap mahasiswa di dalam area kampus bila kedapatan berbuat onar saat demonstrasi. Polisi akan meminta izin kepada rektorat jika ingin mengamankan pendemo yang sengaja bersembunyi di kampus.

"Kalau ada permintaan dari kampus, kami akan masuk (mengamankan mahasiswa yang demo anarkis)," kata Arief kepada wartawan, Senin (2/4/2012).

Arief menjelaskan, kebanyakan pendemo yang berasal dari gabungan kampus langsung bersembunyi ke kampus setelah melakukan kericuhan. Hal ini terjadi pada Sabtu (31/3), pendemo melempari polisi dengan bebatuan di depan kampus Universitas Mulawarman (Unmul), Samarinda.

"Hari ini, kita bertemu dengan rektorat Unmul, terkait kejadian demo. Ada anarkis, kita sudah persuasif dan sudah lakukan penegakan hukum. Mereka menyatakan permohonan maaf, kami sambut baik," ujar Arief.

"Terkait proses hukum terhadap mahasiswa demo anarkis, rektorat mempersilakan kepolisian untuk kita bertindak secara proporsional," tambah Arief.

Terkait pos polantas di kawasan simpang empat Mal Lembuswana, Jalan Letjend Suprapto-Jl M Yamin yang dirusak dan dibakar mahasiswa, Jumat (30/3) lalu, Arief menegaskan pihak rektorat Unmul menyatakan akan menggandeng kampus dan elemen pemuda lainnya membangun kembali pos polisi tersebut.

"Ke depan, akan mencoba bangun kembali pos yang dirusak. Akan melibatkan komponen kampus dan elemen pemud . Dibangun kembali sesegera mungkin," sebut Arief.

"Karena kita tahu, pos polantas itu fasilitas umum yang digunakan kepolisian untuk mengatur kepadatan kendaraan di kawasan simpang empat Mall Lembuswana," terangnya.

Ditambahkannya, meski aksi demo penolakan kenaikan BBM di Samarinda sudah mereda, namun pengamanan tetap dijalankan.

"Memang, adanya peningkatan reaksi terhadap keputusan pemerintah. Kami berlakukan pengamanan rutin yang ditingkatkan, untuk memberi rasa aman terhadap kegiatan masyarakat. Masih juga kerjasama dengan TNI, untuk pengamanan objek vital," tutupnya.

(fdn/fdn)

No comments:

Post a Comment