Blog www.monzaemon.com sedang dialihkan ke monzaemon69.blogspot.com untuk sementara :')

lagi ngebahas ini

sosok pak raden adalah inspirasi seniman dan beliau adalah aset negara

 
©MonZaeMon™ 69 -  Tokoh yang begitu menginspirasi tentu saja tak berlebihan jika disematkan kepada Drs Suyadi atau Pak Raden. Beberapa musisi pun menilai, Pak Raden adalah aset negara.

"Pak Raden sangat memprihatinkan kondisinya dan rumahnya tadi. Bagaimanapun Pak Raden adalah tokoh yang menginspirasi, dia aset negara, legenda. Kita harus membantu Pak Raden," imbuh Charlie Van Houten saat ditemui di Jalan Petamburan, Slipi, Jakarta Pusat, Sabtu (15/4/2012).

Charlie menjadi salah satu artis yang datang pada penggalangan dana untuk Pak Raden. Ia pun sempat masuk ke rumah seniman kelahiran Jember 28 November 1932 itu.

Di dalam memang terdapat karya-karya Pak Raden. Selain boneka-boneka tokoh Si Unyil, Pak Raden juga memang dikenal sebagai seorang pelukis.

"Yang aku dapat adalah suatu imajinasi karya yang sangat luar biasa di dalam. Benar-benar jujur dan natural. Dari dulu karya-karya Pak Raden sangat menginspirasi aku dari kecil," ungkapnya.
Dimasa tuanya, Pak Raden tak bisa menikmati buah dari hasil karyanya. Ia tak mendapatkan royalti dari serial boneka Si Unyil.

Belajar dari Pak Raden, Bondan Prakoso pun mengajak para seniman agar lebih peduli terhadap karya-karyanya. Meskipun mendaftarkan hasil karya memang sulit, namun menurutnya itu jalan terbaik.

"Daftarkan karya kalian, emang agak ribet birokrasinya dan nggak murah. Tapi at least itu jadi pegangan kita kalau ada kasus-kasus seperti ini," imbuhnya saat ditemui di Jalan Petamburan, Slipi, Jakarta Pusat, Sabtu (14/4/2012).

Tak hanya itu, Bondan juga berharap agar para seniman lebih berhati-hati melakukan kerjasama dengan siapapun. "Untuk Pak Raden dan teman-teman seniman lain yang merasa haknya diambil. Stand up, mari timbulkan kesadaran kita untuk peduli terhadap karya kita. Lebih teliti dan cermat, dan hati-hati dalam bekerjasama dengan siapapun," ungkapnya

Drs Suyadi atau Pak Raden kini dalam keadaan ekonomi yang memprihatinkan. Seniman kelahiran Jember 28 November 1932 itu pun turun dari kursi rodanya untuk menyuarakan haknya sebagai kreator Si Unyil.

No comments:

Post a Comment