Blog www.monzaemon.com sedang dialihkan ke monzaemon69.blogspot.com untuk sementara :')

lagi ngebahas ini

Definisi Singkat Istilah Dari Pemrograman Java

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ  
java
MonZaeMon.com - Berikut merupakan beberapa definisi singkat istilah dari pemrograman java yang sudah saya rangkum. Semoga membantu anda. cmiiw


Objek adalah sebuah entity yang memiliki keadaan, behavior (tingkah laku) dan indentitas yang utgasnya dirumuskan di dalam suatu lingkup masalah dengan baik. 

Method adalah sebuah prosedur atau fungsi yang terdapat dalam kelas, sehingga dapat merubah nilai dari atribut yang bersangkutan.
 
Interface adalah suatu class yang berisi method – method tanpa imlementasi, namun tanpa modifier abstract, apabila suatu interface memiliki atribut, maka atributnya akan berlaku sebagai konstanta (static final).

Overloading constructor artinya memiliki constructor lebih dari satu dalam satu class. Untuk membedakan antara constructor satu dengan yang lain kita menggunakan parameter.

Parameter adalah Suatu Nilai yang dapat diubah ubah dari luar untuk menentukan hasil yang akan di tampilkan.

Public digunakan untuk menyatakan bahwa kelas/method/attribute tersebut dapat diakses oleh kelas lain dimanapun.

Protected di gunakan untuk Menyatakan bahwa kelas/method/attribute tersebut dapat diakses oleh kelas lain yang berada dalam satu package atau kelas lain tersebut merupakan turunannya.

Private digunakan untuk  Menyatakan bahwa kelas tersebut tidak dapat diakses sama sekali oleh kelas lain bahkan juga tidak dapat diturunkan.

 Final adalah batasan akses (access modifier) dari kelas dan interface yang artinya tidak dapat diperluas

Keyword this dapat digunakan untuk merepresentasikan suatu current objek dan mengakses variabel-variabel kelas serta method.

Keyword super digunakan untuk mengakses member kelas yang diturunkan (kelas induk).

Macam-macam 51 keyword:
abstract continue for new switch
boolean default goto null synchronized
break do if package this
byte double implements private threadsafe
byvalue else import protected throw
case extends instanceof public throws
catch false int return transient
car final interface short true
class finally long static try
const float native super void
        while

Fungtion adalah Bagian atau Sub Program yang memiliki algoritma tertentu di dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang akan mengembalikan hasilnya. Sedangkan.

Procedure adalah bagian atau Sub Program yang memiliki Algoritma tertentu di dalam menyelesaikan suatu permasalahan tanpa mengembalikan hasilnya, dan secara umum method dalam Java adalah Sebuah Fungsi J.

Berikut beberapa keyword (kata kunci) yang sering digunakan pada pemrograman java beserta fungsinya masing-masing: 

public : Merupakan keyword dimana dengan keyword ini kelas/method/attribute dapat diakses oleh kelas lain dimanapun.
 
protected : Dengan keyword ini kelas/method/attribute dapat diakses oleh kelas lain yang satu package atau kelas lain tersebut merupakan turunannya.
 
private: Dengan keyword ini kelas/method/attribute tidak bisa diakses oleh kelas lain bahkan juga tidak dapat diturunkan.
 
final: Dengan keyword iini kelas tidak dapat menurunkan kelas lain, method tidak dapat dioverride oleh method lain, membentuk suatu attribute menjadi konstanta.
 
static:  Dengan keyword ini method dan attribute milik kelas menjadi  sifat bersama dari semua objek dalam kelas tersebut (tidak memerlukan instansiasi dan tidak bisa dioverride).
 
extends:  Keyword yang digunakan bila terjadi pewarisan, kelas yang mewariskan method dan attributenya disebut kelas super, sedangkan yang diwariskan disebut subkelas.
 
return: Keyword ini digunakan untuk keluar dari suatu method. Baris – baris program setelah keyword ini yang berada dalam blok method tersebut akan diabaikan. Kemudian eksekusi dilanjutkan ke pernyataan setelah blok method tersebut.
 
this: Keyword yang digunakan untuk menyatakan objek sekarang dan tanpa instansiasi.
 
void: Keyword yang merupakan tipe jenis return value dimana method yang menggunakan keyword ini tidak mengembalikan nilai apapaun setelah dipanggil atau dieksekusi.
 
Variabel instance adalah variabel yang sama halnya dengan variabel class, tetapi tidak menggunakan kata static dalam pendeklarasiannya.

Inner Class adalah kelas yang disisipkan  di dalam kelas yang lain. Fungsi kelas sisipan ini adalah mendukung suatu proses yang akan dijalankan oleh kelas utamanya.

void adalah menunjukkan bahwa method tidak mengembalikan nilai.

extend yaitu kelas yang memiliki kemampuan memperluas dan menurunkan object.

Inheritance  adalah hubungan antara class dimana dalam satu class ada superclass atau class induk dari class yang lain. Pewarisan menunjuk pada properti dan behaviour yang diterima dari nenek moyang dari class.

Polimorfisme adalah kemampuan dari sebuah object untuk membolehkan mengambil beberapa bentuk yang berbeda.

Kelas yang memilki modifier2 implements artinya kelas tersebut mengimplementasikan / menerapkan satu atau lebih interface. Bila terdapat lebih dari satu interface, gunakan tanda koma di antara interface-interface tersebut.

Constructor merupakan suatu method yang akan memberikan nilai awal pada saat suatu objek dibuat. Pada saat program dijalankan, constructor akan langsung memberikan nilai awal pada saat perintah new, membuat suatu objek.

Constructor default = konstruktor bawaan yang akan berjalan jika kita tidak menyebutkan konstruktor. 
Konstruktor bawaan melakukan hal-hal umum seperti mengalokasi memori, mengisi nilai variabel instansi dengan nilai bawaannya, dan mengembalikan alamat objek yang dibuat di memori.

Scope = Pembatas/ruang lingkup yang membedakan class satu dengan yang lain.

Java Swing adalah library java yang digunkan untuk menciptakan Grafik User Interface (GUI). Dengan Java Swing kita dapat membuat user interface yang cross platform atau OS independent.

Komponen Dasar SWING yaitu:
Top-level Container => merupakan container dasar di mana komponen lainnya diletakan. Contoh Top-level container ini adalah Frame, Dialog dan Applet yang diimplementasi dalam class JFrame, Jdialog, dan JApplet

Intermediate Container => merupakan komponen perantara di mana komponen lainnya akan diletakan. Salah satu contoh container ini adalah class JPanel

Atomic Component => merupakan komponen yang memiliki fungsi spesifik dan biasanya user berinteraksi langsung dengan komponen jenis ini. Contohnya adalah JButton, JLabel, JTextField, dan JTextArea

Layout Manager => berfungsi untuk mengatur bagaimana posisi dari komponen – komponen yang diletakan pada container. Secara default terdapat 5 macam layout yaitu berupa class BorderLayout, BoxLayout, FlowLayout, GridBagLayout, dan GridLayout

Event Handling => untuk menangani event yang dilakukan oleh user misalnya menekan tombol, mengkilik mouse dan lain – lain

container  adalah  jenis  komponen  yang  “menampung”  dan mengelola  komponen-komponen  lainnya.  Idealnya,  suatu  komponen harus diletakkan di sebuah container agar ia dapat digunakan. 

AWT (Abstract Windows Toolkit) adalah GUI toolkit yang dikembangkan oleh Sun engineer sebelum swing muncul. Kelemahan dari AWT adalah fleksibilitas tampilan GUI, seperti painting method yang sangat primitive. 

Swing dimaksudkan untuk memperbaiki kekurangan AWT tanpa harus membuang teknologi yang sudah dibuat. Komponen AWT diletakkan dalam suatu package yaitu java.awt

 JFrame adalah salah satu container yang ada dalam swing yaitu komponen dasar dalam pemrograman visual dengan java. Dalam frame inilah komponen lain diletakkan. Berikut adalah kode program yang diperlukan untuk membuat sebuah frame kosong.  di atas jframe kita bisa menaruh JLabel, JTextField, JtextArea, JButton, bahkan JPanel (JPanel adalah termasuk container). Ya, kita bisa menaruh container di atas container.

Encapsulation atau pengkapsulan adalah suatu kemampuan dalam pemrograman berorientasi objek untuk menyembunyikan atribut dan method suatu objek dari objek lain.



 



. .

No comments:

Post a Comment