Blog www.monzaemon.com sedang dialihkan ke monzaemon69.blogspot.com untuk sementara :')

lagi ngebahas ini

Tips Jadi Tuan Rumah

 blog-apa-aja.blogspot.com
©MonZaeMon™ 69 - ANDA barangkali pernah menerima tamu dari luar kota, misalnya kerabat atau kenalan, dan merasa tidak enak hati jika tidak mengundangnya menginap barang semalam di rumah Anda. Masalahnya, kadang bisa muncul sejumlah dilema. Misalnya saja tidak adanya kamar tidur ekstra sebagai tempat tidur khusus bagi tamu Anda.

Akan tetapi, jangan buru-buru panik. Berikut ini adalah sejumlah tips bagi Anda untuk menjadi tuan rumah yang baik:

1. Kamar tidur tamu
Jika mungkin, sediakan kamar tidur khusus untuk tamu yang menginap di rumah Anda. Tamu akan merasa lebih nyaman jika bisa mendapatkan sedikit privasi di tempat asing. Jika tidak tersedia kamar kosong di rumah, Anda bisa mempersilakan tamu menggunakan kamar tidur anggota keluarga lain untuk sementara, misalnya kamar tidur anak. Sementara anak bisa diminta untuk tidur di kamar saudaranya atau di kamar Anda. Pokoknya, pandai-pandailah mengaturnya.


2. Tempat tidur cadangan
Jika jumlah tamu yang menginap melebihi kapasitas kamar tidur yang tersedia sedangkan Anda tidak memiliki kamar tidur ekstra, sediakan tempat tidur cadangan untuk digelar di lantai kamar. Anda bisa menginvestasikan sejumlah uang untuk sebuah kasur udara (air mattress) atau kasur lipat yang mudah disimpan dan tidak terlalu memakan tempat ketika tidak digunakan.

3. Seprai bersih
Ganti seprai lama yang mengalasi tempat tidur dengan seprai yang bersih dan baru dicuci, begitu pula dengan sarung bantal dan guling. Sediakan pula selimut ekstra dan bantal untuk berjaga-jaga apabila tamu Anda membutuhkannya.

4. Handuk dan peralatan mandi
Sediakan handuk bersih dan seperangkat peralatan mandi seperti sabun, pasta gigi, dan sampo untuk berjaga-jaga apabila tamu lupa membawanya. Selain itu, pastikan pula tisu toilet tersedia pada tempatnya.

5. Bersikap ramah
Sambut kedatangan tamu dengan sikap ramah dan tangan terbuka. Pastikan tamu merasa betah dan nyaman bermalam di rumah Anda. Tanyakan bagaimana perjalanan mereka dan apa saja yang mereka butuhkan selama menginap di rumah.

6. Menjamu makan
Begitu tiba, undang tamu untuk bersantap makan sesuai waktu kedatangannya. Jika tamu menolak menyantap makanan berat karena masih merasa kenyang atau jauh dari waktu makan, sediakan kue-kue dan makanan ringan sebagai pengganjal perut.

7. Uluran tangan
Tamu akan merasa lebih rileks dan tidak terlalu merasa sebagai pengganggu jika diizinkan membantu Anda. Oleh karena itu, tidak perlu menolak ketika ia menawarkan diri membantu Anda melakukan hal-hal kecil seperti menyiapkan piring di meja menjelang makan malam, atau mengangkat piring kotor ke dapur setelah makan. (*/OL-08)

Sumber : mediaindonesia.com

No comments:

Post a Comment