Blog www.monzaemon.com sedang dialihkan ke monzaemon69.blogspot.com untuk sementara :')

lagi ngebahas ini

Kunci Jawaban UN Lewat Telepon Seluler

 
©MonZaeMon™ 69 -Ujian nasional kembali diwarnai kecurangan atau keisengan. Kunci jawaban beredar dari ponsel ke ponsel.
Peredaran bukan hanya diterima siswa peserta ujian, melainkan juga pekerja swasta yang tidak ikut ujian. Kunci jawaban itu dikirim lengkap untuk lima paket soal Bahasa Indonesia.
"Saya dapat pesan pendek tadi malam pukul 23.00. Saya cari tahu pengirimnya ternyata anak SMA di Depok. Saya bilang saya bukan peserta UN, sepuluh tahun lalu saya sudah lulus SMA," tutur Rizky Afriono (27), pekerja swasta di kawasan Mampang, Jakarta.

Karena alasan kasihan, Rizky tidak bersedia menyebut identitas pengirim kunci jawaban tersebut. Rizky yang tinggal di Depok itu tidak dapat memastikan apakah kunci jawaban tersebut benar atau tidak.
Hal yang sama diakui oleh Ari Supratman, peserta ujian nasional dari Sekolah Menengah Atas Terbuka Yayasan Bina Insan Mandiri yang mengikuti ujian di SMA 5 Depok.
Walaupun dia menerima pesan pendek kunci jawaban soal lewat telepon seluler (ponsel), dia tidak berani menggunakannya. Dia khawatir kunci itu tidak benar sehingga menyesatkannya.
Hari ini, sebanyak 14.234 siswa SMA/SMK/MA dari 158 sekolah di Kota Depok mengikuti ujian nasional. Dari seluruh peserta, sebanyak 4.621 siswa SMA, 8.885 siswa SMK, 717 peserta madrasah aliyah.

No comments:

Post a Comment