Blog www.monzaemon.com sedang dialihkan ke monzaemon69.blogspot.com untuk sementara :')

lagi ngebahas ini

6 Teknik Seleksi Objek Pada Photoshop

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ  
mzm69 - Tutorial : Photoshop Dasar ( Menggunakan Seleksi )
Seleksi merupakan hal yang sangat pening dalam photoshop, dalam prakteknya menurut pandanagn ku sendiri hampir 80 % olah desain dengan photoshop berhubungan dengan seleksi, jadi hal ini merupakan hal yang sangat penting , penggunaan seleksi sengaja ak masukkan dalam label ( Photoshop Basic ) mengingat hal ini adalah hal yang sangat penting dalam Photoshop.

Nah sekarang kita mulai ya, berikut ini macam macam seleksi denga photoshop


1. Dengan Magic Wand Tool


Caranya :
Klik icon magic wand tool di tool box, lalu klik di daerah yang ingin diseleksi , isalnya seperti gambar ini :








Lalu akan didapat garis hitam putih berbaris putus putus seperti :








Artinya seleksi telah dilakukan ( nah bagian objek yang telah diseleksi dapat digunakan dalam studi kasus lain , misalnya mengganti background, dengan menggunakan Move tool )

Untuk menghilangkan seleksi tekan ( CTRL + D ), sedang untuk membalik seleksi klik Select --> Inverst

2. Dengan Lasso Tool


Caranya :
KlikIcon Lasso tool ditol box, lalu klik ( tahan ) dan ikuti gambar yang ingin diseleksi, lalu pertemukan ujungnya seperti gamabr berikut :







Setelah gambar dikelilingi objek garis hitam putih putus putus artinya objek telah berhasil diseleksi.

3. Dengan Polygonal Lasso tool


Bedanya dengan magnetic lasso tool adalah, jika dengan lasso tool tadi caranya selesksinya adalah dengan meng-klik lasso dan menahan mouse sambil mengambar seleksi mengiktuti objek yang ingin diseleksi. Sedangkan jika menggunkan Palygonal Lasso tool caranya adalah klik pada 1 titik lalu tarik, lalu klik pada titik yang lain, lalu tarik dan klik pada titik lainnya sampai ujung polygonal lasso tool nya bertemu seperti gambar berikut : ( S4,S5)

















4. Dengan Magnetic Lasso tool


Denagn tool ini, cara membuat seleksi adalah dengan mengklik objek yang ingin diseleksi lalu tarik mouse nya, dan secara otomatis akan terbentuk kotak kotak kecil yang mengikuti tarikan mouse kita, pertemukan ujjungnya sehingga terbentuk seleksi secara penuh ( S6 ), ( S7)





















5. Seleksi dalam Quick Mask Mode

Untuk memulai seleksi dalam qiuck mask mode aktifkan tombol untuk edit dalam quick mask mode atau tekan Q untuk shortcut. Atur brush tool dengan warna hitam sebagai foreground dan putih sebagai background. sesuaikan diameter brush sesuai kebutuhan, untuk mempermudah mengatur ukuran brush terdapat shortcut [ untuk mengecilkan ukuran dan ] untuk memperbesar ukuran diameter brush. Gunakan brush untuk melakukan masking pada semua bagian gambar yang akan diseleksi. Bagian yang terkena brush akan berubah warna menjadi merah, bukan hitam.
photoshop
quick mask
sebagai tips apabila dalam masking melewati batas dari obyek yang akan kita seleksi, warna merah hasil brush dapat dihapus dengan mengubah warna foreground menjadi putih danmelakukan brush lagi pada area yang terjadi kesalahan. Gunakan shortcut X untuk menukar warna foreground dengan background.
Setelah selesai melakukan masking pada semua area yang akan diseleksi maka untuk mendapatkan hasil seleksi dilakukan dengan menekan tombol yang sama ketika akan masuk kedalam quick mask mode atau dengan shotcut Q. Apabila obyek yang terseleksi adalah bagianluar dari obyek yang kita inginkan maka klik Select > Inverse atau gunakan shortcut Shift+Ctrl+I.
seleksi photoshop

Seleksi dengan Path

Untuk memulainya pertama kita buat path mengelilingi seluruh obyek yang akan kita seleksi. Gunakan pen tool untuk membuat path tersebut.
path tool
trik seleksi path
Setelah path yang kita inginkan selesai kita buat saatnya menujulangkah berikutnya yaitu membuat seleksi dengan path. Seleksi obyek dilakukan dengan mengklik path pada palet path disertai dengan menekan tombol Ctrl atau bisa juga dengan shortcut Ctrl+Enter. Path yang kita buat bisa kita simpan apabila nantinya akan dibutuhkan kembali.
path tool
Untuk mengekstrak obyek dari gambar yang telah kita seleksi, langkah pertama yang dilakukan adalah mengubah gambar background menjadi layer dengan cara mengklik dua kali layer background pada palet layer. Kemudian pilih Layer>Layer Mask>Reveal Selection.
photoshop layer mask
photoshop ekstrak

Trik Mengekstrak Obyek dari sebuah Gambar

Pilih Filter>Extract atau gunakan shortcut Alt+Ctrl+X untuk memunculkan window extract. Setelah window extract terbuka pilih Edge Highlighter Tool yang terletak pada bagian kiri paling atas, kemusian atur ukuran brush menyesuaikan gambar yang akan kita ekstrak. Buat garis hijau sepanjang tepi objek yang akan kita ekstrak.
ekstrak gambar
trik photoshop
Setelah garis telah kita buat penuhi area didalam garis hijau dengan menggunakan Fill Tool.
photoshop tips
Tekan preview untuk melihat hasil ekstrak sementara. Bila kita perhatikan, sepanjang tepi bunga terdapat noda yang kurang nyaman dipandang. Untuk menutupinya gunakan Edge Touchup Tool ke seluruh tepi bunga sampai semua noda hilang.
tutorial

Hasil

bunga 
 
6. seleksi menggunakan pen tool  

1.      Aktifkan Pen Tool (P)
2.     Kemudian, klik satu kali pada sisi objek yang akan diseleksi sebagai langkah awal untuk menyeleksi. Selanjutnya sempurnakan proses menyeleksi dengan cara meng-klik disekeliling/sisi objek yang akan diseleksi hingga kembali lagi ke titik awal. Jika muncul lingkaran kecil pada Pen Tool berarti sudah kembali ke titik awal ketika anda mulai menyeleksi. (catatan: istilah seleksi hanya untuk memudahkan penjelasan saja. Pada tahap ini sebenarnya kita sedang membuat Path/garis lintasan). untuk membuat seleksi ikuti langkah selanjutnya :D
3.   Ok. Jika sudah maka hasilnya akan membentuk sebuah garis pembatas sesuai dengan alur yang kita buat. Lihat gambar.
4.   Selanjutnya untuk membuat seleksi caranya klik kanan --> pilih Make Selection… --> akan muncul kotak dialog klik OK saja.
5.     Jika sudah, maka akan muncul garis putus-putus yang menandakan objek telah terseleksi.
6.    Selesai. Sampai di sini kita telah membuat objek seleksi dengan Pen Tool, selanjutnya terserah anda mau diapain hasil seleksi tersebut. 
 
7.     Sedikit tambahan, untuk menghapus objek terseleksi dengan Pen Tool, anda tinggal tekan delete pada keyboard. Jika diinginkan hasil yang lebih halus, aktifkan dahulu Marquee Tool atau Lasso Tool kemudian pada option Feather isikan 1 px atau 2 px.
 
8.    maaf jika kurang jelas. sebenarnya masih banyak cara, tapi itu yang biasanya dipersoalkan.
Semoga bermanfaat. 
 

No comments:

Post a Comment