Blog www.monzaemon.com sedang dialihkan ke monzaemon69.blogspot.com untuk sementara :')

lagi ngebahas ini

Kamis Kemarin Twitter Ngadat Karena Hacker ?

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ  
Twitter Down Kamis Kemaren Akibat Ulah Hacker??? [ www.Up2Det.com ]
mzm69 - Kamis kemaren, 21 Juni 2012, Twitter sempat mengalami down selama kurang lebih 40 menit. Selama waktu itu, situs microblogging tersebut tidak bisa diakses dan bahkan tidak bisa ditemukan dalam mesin pencari. Apa yang sebenarnya terjadi???

Dikabarkan kelumpuhan tersebut diakibatkan oleh ulah kelompok Hacker yang menamakan dirinya UGNazi. Dilaporkan oleh cbsatlanta.com, hacker bernama Hannah Sweet atau dikenal juga dengan nama Cosmo atau @CosmoTheGod di Twitter yang merupakan salah satu anggota dari kelompok hacker tersebutlah yang telah menyerang Twitter dengan metode "distributed denial of service".


Penyerangan tersebut dilakukan sebagai bentuk protes atas dukungan Twitter terhadap regulasi Cyber Intelligence Sharing and Protection Act (CISPA) yang mengizinkan pemerintah federal dan pihak swasta untuk dapat menyebarkan informasi tentang kemungkinan ancaman cyber.

Hannah Sweet juga menyatakan bahwa saat ini kelompoknya tengah diawasi oleh FBI. Namun mereka menyatakan bahwa mereka tidaklah takut terhadap hukum, bahkan mereka secara berani mempublikasikan identitas asli para anggota UGNazi di situs resmi milik UGNazi.

Namun klaim dari UGNazi tersebut dibantah mentah-mentah oleh pihak Twitter. Mereka, menyatakan bahwa lumpuhnya Twitter disebabkan oleh "error beruntun" (cascading bug) yang menghasilkan efek domino di dalam komponen infrastruktur sistem Twitter.

 Layanan Twitter sempat ngadat beberapa saat. Tidak diketahuisecara pasti apa penyebabnya, namun belakangan ada kelompok peretas yangmengaku bertanggung jawab atas gangguan tersebut.

Kelompok tersebut bernama UGNazi, salah satu gerakan yangtergabung dalam Anonymous. Kelompok ini mengklaim telah melakukanserangan yang membuat layanan Twitter down selama 40 menit.


Hannah Sweet, salah satu anggota kelompok tersebut mengaku menyerangTwitter karena situs ini dianggap mendukung Cyber Intelligence Sharing andProtection Act (CISPA), sebuah Rancangan Undang Undang (RUU) yang memungkinkanpemerintah federal dan perusahaan swasta untuk berbagi informasi tentangancaman cyber.

UGNazi


dan grup peretas lainnya, menganggap bahwakategori ancaman cyber versi CISPA masih belum jelas, bahkan aturan tersebutbisa dimanfaatkan pemerintah untuk memata-matai aktivitas masyarakat di duniamaya untuk kepentingan tertentu.

Protes atas aturan itu pun akan terus dilakukan, dan grup peretas itumengaku akan terus menggempur Twitter hingga keinginan mereka dikabulkan.

"Mereka terus memindahkan server, dan kami akan terusmenyerang," tulis Sweet.

Pun begitu, pihak Twitter menyangkal jika gangguan tersebutdiakibatkan oleh ulah peretas, melainkan karena sebuah bug di dalam aplikasiyang merambat hingga menggangu seluruh layanan.

"Bug tersebut berdampak pada pengguna di seluruh dunia, dan ituterjadi hari ini," kata Mazen Rawashdeh, Vice President of engineeringuntuk Twitter. Seperti dikutip detikINET dari reuters.
Twitter Diserang Hacker ?? [ www.Up2Det.com ]

No comments:

Post a Comment