Blog www.monzaemon.com sedang dialihkan ke monzaemon69.blogspot.com untuk sementara :')

lagi ngebahas ini

Ngedib.com, Mal Online Khusus Kerajinan Tangan

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ  
MonZaeMon.com - Pecinta produk kerajinan tangan kini bisa mencari produk buruannya secara online. Mal online Ngedib.com yang notabene adalah pemain baru dalam bisnis e-commerce di Indonesia, mencoba jadi pusat kerajinan tangan dari para pengusaha kreatif lokal.


Ngedib.com punya misi mengangkat nilai produk kerajinan tangan Indonesia agar lebih dihargai dan para pengusahanya mampu menguasai pasar lokal. Ngedib.com coba menyatukan para pengusaha kreatif kerajinan tangan agar berada dalam satu platform, tidak terpencar-pencar.

"Mencari produk kerajinan tangan Indonesia secara online saat ini terbilang susah, sementara banyak creativepreneur yang melakukan pengiriman produk langsung ke luar negeri," kata Taufik Hendra Gunawan, pendiri sekaligus CEO Ngedib.com.

Seperti halnya mal, dalam Ngedib.com terdapat pihak penjual dan pembeli. Pembeli yang ingin belanja diharuskan registrasi lebih dahulu. Di sana tersedia produk jenis tas wanita, tas anak, mainan anak, aksesori, perabot rumah, scrapbook, stationery, dan sebagainya.

Saat ini ada 13 pengusaha kreatif yang telah menjual produknya di Ngedib.com. Bulan Februari ini, akan ada 5 creativepreneur lagi yang bergabung.

Pengusaha yang ingin menjual produk di Ngedib.com, diharuskan mengisi formulir. Kemudian tim Ngedib.com akan berkunjung ke lokasi rumah atau tempat produksi kerajinan tangan pengusaha tersebut. Menurut Hendra, ini dilakukan untuk memastikan bahwa pengusaha itu memproduksi barang kerajinan tangan sendiri.

"Kami ingin memastikan produk yang dijual itu asli buatan pihak pertama. Saat ini kami menghindari pihak yang menjual produk buatan orang lain," jelasnya dalam wawancara dengan KompasTekno, Rabu (13/2/2013).

Untuk membangun budaya belanja online dan meningkatkan kesadaran masyarakat pada produk kerajinan tangan, Ngedib.com bekerjasama dengan beberapa komunitas kreatif untuk menggelar workshop dan acara.

Selain itu, mereka juga memanfaatkan jejaring sosial Twitter untuk memberi kuis yang berhadiah kupon diskon belanja di Ngedib.com dan produk kerajinan tangan menarik.

Metode pembayaran yang ditawarkan Ngedib.com saat ini baru ada transfer bank untuk seluruh wilayah Indonesia, yang akan dilanjutkan dengan pengiriman barang. Untuk pembeli di Jakarta, bisa menggunakan metode pembayaran Cash on Delivery (CoD) atau pembayaran saat barang sudah diterima pembeli. Dalam beberapa bulan ke depan, Ngedib.com menjanjikan metode pembayaran yang bekerjasama dengan payment gateway, beberapa bank dan kartu kredit.

Sejak diluncurkan bulan November 2012, trafik rata-rata Ngedib.com berjumlah 400 pengunjung per hari. Transaksi per hari masih fluktuatif, paling kecil 5 transaksi per hari. Saat ini situs Ngedib.com masih berstatus alpha. Mereka akan meluncurkan versi penuh pada akhir tahun 2013. Kompas.com
. .

2 comments:

  1. please info kontak yang bisa di hubungi atau alamat nya. saya mau jual tas batik.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete