Blog www.monzaemon.com sedang dialihkan ke monzaemon69.blogspot.com untuk sementara :')

lagi ngebahas ini

Kampung Euro : Kampung Demam Bola di Makasar

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ  
mzm69 - Semarak Piala Eropa 2012 juga merambah hingga ke Makassar. Hal itu terbukti dengan pemandangan di salah satu sudut kota Makassar, di mana warga mengibarkan bendera negara-negara peserta Piala Eropa di depan rumah masing-masing. "Kampung Euro", itulah gelar pemukiman penduduk di Jalan Titang, Makassar.

Hampir setiap rumah warga saling bersaing mengibarkan bendera tersebut. Bendera yang dikibarkan pun sesuai dengan tim yang dijagokan masing-masing pemilik rumah. Ukuran dan jenis bendera pun bervariasi, mulai dari ukuran kecil hingga terbesar.


Selain dikibarkan di depan rumah, warga pun memasangnya di hampir setiap tiang telpon dan listrik di sepanjang Jalan Titang yang menembus ke Jalan Veteran Utara.

Kreativitas warga Jalan Titang memang terbilang unik, sebab hampir setiap ajang sepakbola bergengsi kompleks dan rumah dihiasi pernak-pernik. Seperti yang dilakukan juga saat Piala Dunia tahun- tahun sebelumnya.

Selain itu juga, warga menggelar nonton bareng dengan menggunakan layar besar. Menurut salah seorang warga, Andi, kegiatan ini dilakukan untuk tetap menjaga kekompakan warga Jalan Titang. Bahkan, setiap nonton bareng, warga saweran atau menyumbang untuk membuat makan an dan minuman saat pertandingan berlangsung.

"Sekarang, pemukiman penduduk di Jalan Titang digelar dengan kampung Euro 2012. Nanti kalau musim Piala Dunia, pernak-perniknya pun diubah. Kegiatan ini sudah lama kita lakukan pada tahun-tahun sebelumnya untuk menjaga kekompakan. Jadi, warga tidak ada lagi yang keluar nonton bareng. Malah, warga di sini memanggil teman-temannya dari luar untuk nontong bareng," kata Andi.

No comments:

Post a Comment