Blog www.monzaemon.com sedang dialihkan ke monzaemon69.blogspot.com untuk sementara :')

lagi ngebahas ini

Pemerintah Bertekad Memperbaiki Undang-undang Hak Cipta

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ  
MonZaeMon.com - Karya Cipta Indonesia (KCI) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (KEMENPAREKRAF) mengajak instansi musik Indonesia untuk berdiskusi mengatasi permasalahan terkait perlindungan hak cipta dan perizinan dalam pertunjukan musik. Seperti apakah diskusi tersebut?

Menurut pandangan KEMENPAREKRAF, mereka menemukan tiga masalah penting dalam perkembangan pertunjukan musik di Indonesia. Pertama, permasalahan dalam perlindungan hak cipta. Lalu permasalahan tentang perizinan dan manajemen pelaksanaan pertunjukan.

"Ide diskusi ini digagas bersama antara KCI, KEMENPAREKRAF, PAPPRI, Para Event Organizer, Manager Artis, dan pihak terkait lainnya. KCI yang mendorong untuk dibentuknya diskusi ini, sementara KEMENPAREKRAF yang menyelenggarakan," ucap Irish Riswoyo salah satu anggota KCI saat diwawancarai detikHot melalui pesan singkat, Rabu (14/11/12).

Tujuan akhir dibentuknya diskusi tersebut diharapkan dapat membuat draft tentang Pedoman Penyelenggaraan Pertunjukan Musik Di Indonesia. "Iya nantinya ada pedoman, tapi saat ini masih dalam bentuk rumusan-rumusan. Saat ini sudah disepakati tentang rumusan aturan perizinan pertunjukan dalam satu atap jadi semacam kantor Samsat," paparnya lagi.

Saat ini di Indonesia telah memiliki Undang-undang Hak Cipta Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta dan juga telah melakukan perjanjian Internasional seperti WPPT (World Intellectual Property Organization Performances and Phonograms Treaty). Namun demikian hal tersebut masih perlu disempurnakan lagi untuk lebih memberi perlindungan khususnya para pekerja musik

# ,

1 comment: