Blog www.monzaemon.com sedang dialihkan ke monzaemon69.blogspot.com untuk sementara :')

lagi ngebahas ini

Fakta Menarik Tentang Piala Dunia 2014 Brazil Lengkap

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ  
Ilustrasi/Admin (KOMPAS.com)
MonZaeMon 69 - Tak sampai seminggu Piala Dunia 2014 dimulai dan akan menyita perhatian publik sepakbola yang tersebar di seluruh penjuru bumi.

Turnamen empat tahunan garapan FIFA kali ini adalah edisi ke-20, dengan Brasil sebagai tuan rumah.

Berikut adalah kumpulan fakta-fakta menarik seputar Piala Dunia 2014, termasuk di antaranya soal tim dan pemain, yang mungkin belum diketahui banyak orang.

1. Iran adalah satu-satunya kontestan yang tidak satupun pemain di skuatnya tampil di Liga Champions Eropa musim 2013-14.

2. Italia adalah satu-satunya tim yang tidak punya pemain yang berbasis di Inggris atau dikontrak klub Inggris pada musim 2013-14.

3. Bila juara, Brasil adalah negara ke-7 yang memenangkan Piala Dunia saat berstatus tuan rumah, setelah Uruguay (1930), Italia (1934), Inggris (1966), Jerman (1974), Argentina (1978) dan Prancis (1998).

4. Tiap kali Piala Dunia berlangung di Amerika Selatan, maka pemenangnya selalu negara Amerika Selatan.

5. Enam tim yang pernah juara ambil bagian di Piala Dunia kali ini, lebih banyak dari Piala Dunia edisi sebelumnya. Brasil (5 kali), Italia (4), Jerman (3), Uruguay dan Argentina (2), Inggris, Spanyol dan Prancis (1).

6. Maracana Stadium yang akan menggelar partai final, akan menjadi stadion kedua yang menjadi tempat pertandingan Piala Dunia lebih dari satu pertandingan, setelah Estadio Azteca di Meksiko.

7. Setelah tercantum dalam skuat final Jerman yang berangkat ke Brasil, Miroslav Klose hanya butuh satu gol lagi untuk menyamai catatan Ronaldo (15) sebagai pencetak gol terbanyak di Piala Dunia.

8. Ini adalah pertama kalinya dua Piala Dunia beruntun berlangsung di luar benua Eropa.

9. Jerman yang tak puas dengan fasilitas dari pihak penyelenggara, memutuskan menyediakan sendiri di hotel dan tempat latihannya selama di Brasil.

10. Demam Piala Dunia juga menjangkiti film kartun ‘The Simpsons’ pada episode ‘You Don’t Have to Live Like a Referee’, yang menceritakan Homer direkrut jadi wasit Piala Dunia dan sempat memprediksi Jerman mengalahkan Brasil 2-0.

11. Bosnia Herzegovina adalah satu-satunya tim debutan, menjadi negara ke-77 yang pernah ambil bagian di Piala Dunia.

12. Laga pembuka lawan Portugal akan menjadi laga Piala Dunia ke-100 bagi Jerman, belum ada negara lain yang mencapai angka tersebut.

13. Bagi Brasil, ini adalah Piala Dunia pertama sejak tahun 1982 tanpa harus bersaing dengan negara-negara Skandinavia.

14. Ini adalah Piala Dunia pertama yang menggunakan teknologi garis gawang, demi menghindari terulangnya sejumlah insiden terutama milik Frank Lampard di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

15. Maskot resmi Piala Dunia 2014 adalah Tatu-Bola, hewan mamalia yang melindungi diri dari pemangsa dengan cara bergelinding seperti bola.

16. Piala Dunia 2014 akan disiarkan di lebih dari 200 negara dan mencakup seluruh bagian bumi.

17. FIFA menerima 152.101 surat permohonan pekerja sukarela untuk Piala Dunia 2014, jumlah itu dua kali lipat dari yang mereka terima saat Piala Dunia 2010.

18. Brasil memiliki skuat termahal di Piala Dunia kali ini, dengan estimasi harga 507,8 juta euro. Spanyol di bawahnya dengan 504 juta euro. Kosta Rika adalah yang paling rendah dengan total harga pasar 20,8 juta euro (lebih sedikit dari rata-rata harga satu pemain di skuat Brasil, 22 juta euro).

19. Vanishing spray akan digunakan pertama kali pada Piala Dunia. Adalah semprotan untuk menandakan posisi bola saat tendangan bebas, dan juga digunakan untuk menandai jarak 10 meter pagar betis.

20. Terakhir, penyelenggaraan Piala Dunia 2014 memakan biaya 16 miliar US Dollar, jumlah tertinggi dalam sejarah Piala Dunia.

21. Javier "Chicharito" Hernandez bisa menjadi pemain generasi ketiga yang memperkuat timnas Meksiko di Piala Dunia jika tampil di Brasil. Chicharito mengikuti jejak ayahnya, Gutierrez, dan kakeknya, Tomas Balcazar.

22. Ada 8 pemenang Piala Dunia, dan kedelapan tim itu akan tampil di Piala Dunia 2014. Mereka adalah Brasil, Uruguay, Argentina, Jerman, Italia, Inggris, Spanyol dan Prancis.

23. Ada tiga pemain yang menjadi top scorer di kualifikasi Piala Dunia 2014, Robin van Persie (Belanda), Luis Suarez (Uruguay) dan Deon McCaulay (Beliza).

24. Piala Dunia 2014 adalah perhelatan Piala Dunia ke-20. Hanya Brasil yang selalu bermain di 20 putaran final Piala Dunia.

25. Akan ada 32 tim yang tampil di putaran final Piala Dunia 2014. Jumlah 32 peserta di putaran final sudah digunakan sejak Piala Dunia 1998.

26. Jerman hanya kurang satu pertandingan untuk menggenapi 100 penampilan mereka di putaran final Piala Dunia. Sebelumnya Der Panzer sudah tampil di 99 pertandingan Piala Dunia.

27. Total ada 202 timnas yang tampil di kualifikasi Piala Dunia 2014. Jumlah itu sembilan negara lebih banyak daripada 193 negara anggota PBB.

28. Amerika Serikat menjadi negara dengan populasi terbesar yang akan tampil di Piala Dunia 2014, dengan 317 juta penduduk. Menariknya, sepakbola bukanlah olahraga utama di AS.

29. Ini adalah kali kedua Brasil menjadi tuan rumah Piala Dunia, setelah 1950. Ketika itu Uruguay yang menjadi juara di Piala Dunia 1950.

.
.
Dan erikut 14 fakta singkat agar kamu mengenal lebih dekat sosok negara tuan rumah, Brazil:
  • Brasil adalah negara terluas di Amerika Latin, daratannya mencakup hampir separuh dari luas wilayah Amerika Selatan. Kota terbesar adalah Sao Paulo yang juga tercatat sebagai kota ketiga terluas dunia. 

  • Dengan luas wilayah 8,5 juta kilometer persegi dan total penduduk sekitar 200 juta jiwa, Brasil menjadi negara kelima terluas dunia (setelah Federasi Rusia, Canada, China dan Amerika Serikat); juga negara kelima berpenduduk terbesar dunia (setelah China, India, Amerika Serikat dan Indonesia).

  • Mayoritas penduduk Brasil berasal dari Eropa (umumnya Portugis), Afrika dan penduduk asli. Data tahun 2012 menyebutkan, 62 persen penduduk Brasil berusia di bawah 29 tahun. Negara multiras ini juga merupakan rumah terbesar bagi penduduk asal Jepang di luar negara Jepang. Di negara ini terdapat 1,2 juta Diaspora Jepang.

  • Brasil merupakan satu-satunya negara berbahasa Portugis di Amerika Selatan. Terkecuali bahasa yang digunakan suku asli Indian yang tinggal di daerah terpencil, bahasa Portugis menjadi bahasa yang digunakan masyarakat sehari-hari. Di jalan-jalan, tidak mudah menemukan penduduk yang bisa berbahasa Inggris.

  • Sebagian besar wilayah Brasil terletak di daerah tropis, tapi 60 persen penduduk tinggal di kawasan yang lebih sejuk. Kota-kota di kawasan pantai seperti Rio, Recife dan Salvador, bisa memiliki suhu udara sangat panas, bertolak belakang dengan kota-kota sejuk di dataran tinggi seperti Sao Paulo dan Brasilia. Sementara kawasan Amazon memiliki suhu udara tahunan rata-rata 22-26 derajat Celcius.

  • Bentuk negaranya federal dengan sistem pemerintahan presidensial (Republik Federal Brasil). Lembaga eksekutif terdiri atas pemerintahan federal, pemerintahan negara bagian, distrik federal (khusus ibukota negara) dan kotamadya. Lembaga legislatif tertinggi adalah Parlemen atau Kongres Nasional dengan dua kamar legislasi: Senat Federal dan Dewan Deputi. Lembaga yudikatif terdiri atas Pengadilan Tinggi Federal, Pengadilan Tinggi, Pengadilan Tinggi lainnya, dan Pengadilan Negeri.

  • Terdapat 26 negara bagian di Brasil yang bersifat semi-otonom. Setiap negara bagian memiliki pemerintahan sendiri, simbol-simbol dan kebebasan dalam mengelola keuangan.

  • Brasil merupakan negara keenam dengan perekonomian terbesar dunia. Lewat Lembaga Penelitian Pertanian Brasil (Embrapa), negara ini melakukan investasi besar-besar di bidang riset dan pengembangan, sehingga bidang pertanian Brasil menjadi salah satu yang paling kompetitif dan produktif di dunia. Salah satunya sebagai penghasil kopi terbesar dunia.

  • Pada tahun 1961, ibukota Brasil pindah dari kawasan tropis Rio de Janeiro ke tempat yang lebih sejuk di Brasilia. Ibukota baru ini dibangun dalam waktu 41 bulan (1956-1960) dengan Lucio Costa sebagai perencana kota utama.

  • Brasil adalah negara musik, perpaduan antara kebudayaan suku-suku bangsa di dalamnya: Suling bambu suku Indian, penyanyi dan pemain gitar suku Portugis, dan irama musik suku Afrika yang sangat beragam dan hidup.

  • Setiap awal tahun, para turis berdatangan ke Brasil untuk menyaksikan karnaval besar-besaran dalam bentuk parade kostum dan tari samba di tiga kota Rio de Janeiro, Olinda and Salvador. Karnaval di Rio merupakan yang terbesar di dunia, sehingga kota ini dijuluki sebagai Ibukota Karnaval Dunia. Karnaval Brasil selalu diadakan sepanjang hari Jumat sampai Selasa. Tahun 2015 nanti, karnaval digelar mulai tanggal 28 Februari sampai 4 Maret 2015.

  • Setiap wilayah di Brasil mengembangkan makanan unik sesuai dengan pengaruh budaya utama setempat. Di sejumlah wilayah, budaya asli setempat sangat kuat pengaruhnya, sementara di wilayah lainnya, kelaziman masyarakat Eropa mendominasi cita rasa kuliner.

  • Minuman paling terkenal di negara ini adalah Cachaca, minuman keras berkristal yang terbuat dari hasil fermentasi tebu.

  • Selain terkenal dengan tari sambanya, Brasil juga dikenal sebagai negara sepak bola dan gudang pesepakbola kelas dunia. Tim Nasional Brasil sendiri tidak pernah absen dari Piala Dunia sejak 1930. Tim ini juga meraih gelar juara terbanyak, yaitu Piala Dunia 1958 di Swedia, 1962 di Cile, 1970 di Meksiko, 1994 di Amerika Serikat, dan 2002 di Korsel-Jepang
 berbagai sumber

No comments:

Post a Comment